Sosial Media dan Digital Literacy




Apa sih itu Sosial Media?
Media sosial memiliki pengertian yaitu sebuah media dengan sistem online yang mana penggunanya dapat berinteraksi secara aktif. Selain itu media sosial juga berguna untuk berbagi, berkreasi, dan melakukan share berbagai dokumen penting. Media sosial mampu merubah jarak yang jauh menjadi lebih dekat dengan memanfaatkan internet.
Saat ini adalah era digital, semua media komunikasi dan teknologi jenis lainnya berkembang dengan sangat pesat. Salah satunya adalah terjadi pada media sosial. Pesatnya perkembangan media sosial saat ini tidak terlepas dari sejarah awalnya. Semua permulaan atau awal tentu tidak langsung pesat. Tapi tidak semua perkembangan yang pesat tersebut terjadi begitu saja. Semua tentu ada fase awal, perkembangan dan juga fase kehancuran.


Ada juga nih macam-macam sosial media yang terpopuler di Indonesia, antara lain :




1. Facebook


Merupakan sosial media milik seorang pria asal Amerika Mark Zuckerberg ini menjadi sosial yang paling populer di Indonesia. Facebook yang merupakan situs jejaring sosial berbasis web ini diciptakan dengan tujuan agar orang dapat mencari teman atau keluarga yang jarang kita temui. Meskipun merupakan jejaring sosial berbasis web, namun seiring berkembangnya teknologi dan banyaknya pengguna, kini facebook juga dapat digunakan di mobile phone. Sebanyak 65 juta orang yang menggunakan facebook saat ini.



2. Twitter



Sosial media yang menggunakan lambang burung dan awan ini menjadi sosial media populer di Indonesia kedua setelah facebook dengan total pengguna yang mencapai angka 19,5 juta pengguna. Alasan kenapa twitter menjadi sosial media yang populer adalah karena sosial media sangat simple dan mudah untuk digunakan. Sistem yang digunakan twitter adalah following dan follower. Sistem yang digunakan twitter adalah following dan follower. Dimana kita bisa memfollow siapa saja tanpa harus diterima olah orang yang kita follow. Kecuali jika orang yang Anda follow ternyata mengunci akun twitternya.

3. Path



Saking populernya sosial media satu ini sampai sahamnya dibeli oleh salah satu pengusaha Indonesia bernama Aburizal Bakrie. Sayangnya sosial media path ini hanya bisa digunakan melalui mobile phone saja. Namun hal tersebut tidak menurunkan orang-orang untuk menggunakan sosial media ini. Terbukti sebanyak 30 juta orang menggunakan aplikasi ini. Tampilannya yang simpel dan mudah digunakan semakin membuat orang menyukai aplikasi sosial media ini. Perlu diingat juga bahwa path tidak dapat menampung banyak teman layangnya facebook dan twitter.

4. Instagram



Sosial media populer ini biasa digunakan oleh orang untuk mengabadikan momen-momen berharga dari hidupnya. Pada awalnya hanya penggguna ios saja yang dapat menggunakan instagram, namun karena ternyata banyaknya peminat aplikasi ini akhirnya instagrampun dirilis untuk versi android dan juga windows phone. Dengan demikian semakin membuat pengguna instagram semakin banyak. Diketahui bahwa pengguna instagram saat ini telah mencapai lebih dari 30 juta pengguna.

5. WhatsApp




WhatsApp merupakan aplikasi sosial media yang terkoneksi langsung dengan nomor mobile phone yang digunakan. Aplikasi chat gratis ini memiliki fitur yang sangat simple, selain juga dapat digunakan untuk berkirim pesan, sekarang WhatsApp juga mampu mengirim voice record dan juga menelepon. Tampilannya yang simple membuat aplikasi ini menjadi favorit orang-orang karena tidak membebani memori handphone. Diketahui pengguna WhatsApp di Indonesia mencapai angka 34 juta pengguna.


6. Line



Sama halnya dengan WhatsApp, sosial media asal Jepang ini juga merupakan aplikasi sosial media yang digunakan untuk chatting dengan teman, tentunya secara gratis juga. Juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, Line juga dilengkapi dengan kumpulan stiker lucu agar pengguna betah menggunakan aplikasi ini. Selain itu juga ada fitur seperti timeline dimana penggunanya dapat mengshare statusnya supaya dibaca oleh teman-temannya. Dengan segala fitur menarik yang disediakan oleh Line, sebanyak 10 juta orang tercatat telah menggunakan aplikasi ini.


7. BBM




Semenjak kemunculannya pertama kali di Indonesia, aplikasi sosial media ini langsung menarik hati banyak orang. Aplikasi yang pada awalnya hanya tersedia di platform blackberry ini langsung membuat banyak orang berpindah menggunakan mobile phone blackberry. Biarpun dibilang langkah besarnya dalam membuka aplikasinya untuk pengguna ios, android dan windows phone dianggap sebagai kerugian besar, namun sebanyak 8 juta orang masih menggunakan aplikasi BBM ini.



8. Youtube




Social media berupa video sharing ini sangat populer di Indonesia, berkat YouTube lah banyak orang Indonesia yang bisa terkenal secara mendadak. Sebut saja Sinta-Jojo, Briptu Norman dan Udin Sedunia menjadi terkenal berkat sosial media ini. Sebagai sosial media populer di Indonesia dengan pengguna sebanyak 66% dari jumlah penduduk di Indonesia, youtube tidak hanya digunakan untuk mengshare video saja, namun youtube juga terkadang menyediakan live streaming dari suatu acara penghargaan.

9. Tumblr



Tumblr merupakan sosial media yang memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk meshare artikel, gambar, hingga video apapun yang Anda inginkan layaknya sebuah blog. Dengan menghubungkan tumblr dengan sosial media besar lain seperti facebook dan twitter, maka apa yang kalian posting di tumblr bisa juga muncul di facebook dan twitter secara otomatis. Tumblr juga memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memodifikasi tampilan tumblr mereka sesuai yang mereka inginkan.

10. Kaskus


Tidak ada orang yang tidak mengenal kaskus. Situs sosial media dengan 6,5 juta pengguna ini benar-benar sosial media asli berasal dari Indonesia. Kaskus merupakan situs jejaring sosial berbasis forum yang paling populer di Indonesia. Namun kaskus tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi saja, bagi orang-orang yang melakukan transaksi jual beli juga bisa menggunakan kaskus. Kaskus menyediakan fitur fjb (forum jual beli) yang bisa dimanfaatkan oleh orang untuk melakukan jual beli barang.



Karakteristik Media Sosial
Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh media sosial antara lain adalah (Purnama, 2011: 216) : 

1.      Jangkuan
Daya jangkauan media sosial mencakup skala kecil hingga khalayak global.Media sosial tidak memiliki batasan atas siapa saja orang yang dapat berinteraksi dengan individu, media sosial lebih kepada mengklasifikasikan orang-orang yang terdekat dengan individu. Media sosial digunakan oleh sebagian besar masyarakat didunia oleh sebab itu maka media sosial memiliki cakupan yang besar dan luas terhadap seluruh pengguna didunia.
2.  Aksesibilitas
Media sosial lebih mudah diakses dengan biaya yang terjangkau.Karakteristik yang kedua adalah hal yang paling mencolok dari media sosial sebagai sebuah alat komunikasi massa dibandingkan dengan media massa yang lain. Kemudahan dari segi pengaksesan dan juga pemasangan di setiap smartphone adalah sebuah keunggulan dari media sosial yang mencolok.
3.  Penggunaan
Media sosial relatif mudah digunakan karena tidak memerlukan ketrampilan dan pelatihan khusus. Penggunaan media sosial sebagai sebuah alat interaksi sangat simpel dan juga tidak perlu memakan waktu yang lama. Media sosial dapat dipelajari penggunannya dengan waktu yang sangat singkat karenanya media sosial dapat digunakan oleh siapa saja.
4.    Aktualitas
Media sosial dapat memancing respon khalayak lebih cepat. Akses media sosial yang mudah dan cepat membuat segala aktifitas yang dilakukan menjadi sangat mudah mendapatkan respon, hal ini dikarenakan adanya sebuah keterikatan dan link yang menghubungkan pengguna media sosial yang satu dengan yang lainnya.
5.  Tetap mudah dalam melakukan proses pengeditan dalam media sosial
Media sosial sangat memberikan kemudahaan bagi setiap pengguna yang akan melakukan hal apa saja yang dibagikan. Berbeda dengan media massa Koran yang apabila sudah tercetak ataupun terbit kekhalayak disadari terdapat kesalahan, maka akan sangat sulit untuk melakukan sunting atau pengeditan terhadap kesalahan yang ada. Media sosial yang bersifat sangat privasi sehingga apapun kesalahan yang telah diposting dapat diperbaharui kembali dengan mudah. 


Nah, pada era sekarang ini yang disebut era digital, sekarang media sosial adalah salah satu kebutuahan bagi setiap orang. Saat ini, kita sangat diuntungkan dengan adanya media sosial. Kita dapat dengan cepat mendapatkan apa yang kita cari, dari informasi, menambahkan teman, mencari pekerjaan dan mencari barang.Tetapi dengan adanya keuntungan yang telah kita dapat dari media sosial, ada juga loh kerugian yang kita dapatkan juga dari media sosial. Contoh dari kerugianya anatara lain adalah :
1.   Penculikan dan penipuan
2.   Pencurian foto dan data pribadi
3.   Waktu terbuang percuma
4.   Sarana adu domba yang efektif
Nah, itu tadi kerugian yang kita dapat dari media sosial. Munculnya kerugian tersebut, membuat orang yang setiap hari menggunakan media sosial harus lebih kritis dalam memilih konten dan dapat menyaring informasi yang ditelah diterima. Contohnya saja, selebgram Awkarin yang banyak digandrungi oleh para anak-anak sampai remaja yang memiliki akun media sosial di Instagram, membuat dampak yang tidak baik untuk anak-anak yang belum cukup umur melihat isi postingan Awkarin yang layaknya orang dewasa. Karena beberapa postingan Instagram yang dilakukan Awkarin seperti merokok, memakai pakaian yang minim dan ada caption yang kasar. Karena ini media sosial yang dapat dikunjungi oleh berbagai khalayak pengguna media sosial, dari anak-anak sama remaja dapat melihat apapun ini postigan yang telah diupload atau dibagikan. Konten-konten seperti ini dapat memberikan dampak buruk bagi anak yang umurnya kurang mencukupi untuk melihat konten seperti ini.
Ada ga sih solusi dari masalah ini?
Ada dong, solusi dari masalah ini antara lain, orang tua harus tetap berkembang di era digital sekarang, tidak ketinggalan jaman agar dapat mengawasi anak-anaknya di dalam media sosial yang kini menjadi momok yang jahat. Orang tua harus dibekali oleh wawasan untuk melindungi anaknya saat berada diruang lingkup digital. Setiap orang tua harus memilih konten yang pas untuk usia anaknya agar si anak dapat memanfaatkan media sosial dengan baik dan dapat mengerti bagaimana sebenarnya era digital.




Referensi : Presentasi Kelompok http://seethroughkommas.blogspot.co.id/2017/05/
http://www.tahupedia.com/content/show/789/10-Sosial-Media-Paling-Banyak-Digunakan-Di-Indonesia

Komentar

Postingan Populer