Sosial Media dan Digital Literacy
Apa sih itu Sosial Media?
Media sosial memiliki
pengertian yaitu sebuah media dengan sistem online yang mana penggunanya dapat
berinteraksi secara aktif. Selain itu media sosial juga berguna untuk berbagi,
berkreasi, dan melakukan share berbagai dokumen penting. Media sosial mampu merubah
jarak yang jauh menjadi lebih dekat dengan memanfaatkan internet.
Saat ini adalah era
digital, semua media komunikasi dan teknologi jenis lainnya berkembang dengan
sangat pesat. Salah satunya adalah terjadi pada media sosial. Pesatnya
perkembangan media sosial saat ini tidak terlepas dari sejarah awalnya. Semua
permulaan atau awal tentu tidak langsung pesat. Tapi tidak semua perkembangan
yang pesat tersebut terjadi begitu saja. Semua tentu ada fase awal,
perkembangan dan juga fase kehancuran.
Ada juga nih macam-macam sosial media yang terpopuler di
Indonesia, antara lain :
1. Facebook
Merupakan sosial media
milik seorang pria asal Amerika Mark Zuckerberg ini menjadi sosial yang paling
populer di Indonesia. Facebook yang merupakan situs jejaring sosial berbasis
web ini diciptakan dengan tujuan agar orang dapat mencari teman atau keluarga
yang jarang kita temui. Meskipun merupakan jejaring sosial berbasis web, namun
seiring berkembangnya teknologi dan banyaknya pengguna, kini facebook juga
dapat digunakan di mobile phone. Sebanyak 65 juta orang yang menggunakan
facebook saat ini.
2. Twitter
Sosial media yang
menggunakan lambang burung dan awan ini menjadi sosial media populer di
Indonesia kedua setelah facebook dengan total pengguna yang mencapai angka 19,5
juta pengguna. Alasan kenapa twitter menjadi sosial media yang populer adalah
karena sosial media sangat simple dan mudah untuk digunakan. Sistem yang
digunakan twitter adalah following dan follower. Sistem yang digunakan twitter
adalah following dan follower. Dimana kita bisa memfollow siapa saja tanpa
harus diterima olah orang yang kita follow. Kecuali jika orang yang Anda follow
ternyata mengunci akun twitternya.
3. Path
Saking populernya sosial
media satu ini sampai sahamnya dibeli oleh salah satu pengusaha Indonesia
bernama Aburizal Bakrie. Sayangnya sosial media path ini hanya bisa digunakan
melalui mobile phone saja. Namun hal tersebut tidak menurunkan orang-orang
untuk menggunakan sosial media ini. Terbukti sebanyak 30 juta orang menggunakan
aplikasi ini. Tampilannya yang simpel dan mudah digunakan semakin membuat orang
menyukai aplikasi sosial media ini. Perlu diingat juga bahwa path tidak dapat
menampung banyak teman layangnya facebook dan twitter.
4. Instagram
Sosial media populer ini
biasa digunakan oleh orang untuk mengabadikan momen-momen berharga dari
hidupnya. Pada awalnya hanya penggguna ios saja yang dapat menggunakan
instagram, namun karena ternyata banyaknya peminat aplikasi ini akhirnya
instagrampun dirilis untuk versi android dan juga windows phone. Dengan
demikian semakin membuat pengguna instagram semakin banyak. Diketahui bahwa
pengguna instagram saat ini telah mencapai lebih dari 30 juta pengguna.
5. WhatsApp
WhatsApp merupakan
aplikasi sosial media yang terkoneksi langsung dengan nomor mobile phone yang
digunakan. Aplikasi chat gratis ini memiliki fitur yang sangat simple, selain
juga dapat digunakan untuk berkirim pesan, sekarang WhatsApp juga mampu
mengirim voice record dan juga menelepon. Tampilannya yang simple membuat
aplikasi ini menjadi favorit orang-orang karena tidak membebani memori
handphone. Diketahui pengguna WhatsApp di Indonesia mencapai angka 34 juta
pengguna.
6. Line
Sama halnya dengan
WhatsApp, sosial media asal Jepang ini juga merupakan aplikasi sosial media
yang digunakan untuk chatting dengan teman, tentunya secara gratis juga. Juga
bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, Line juga dilengkapi dengan
kumpulan stiker lucu agar pengguna betah menggunakan aplikasi ini. Selain itu
juga ada fitur seperti timeline dimana penggunanya dapat mengshare statusnya
supaya dibaca oleh teman-temannya. Dengan segala fitur menarik yang disediakan
oleh Line, sebanyak 10 juta orang tercatat telah menggunakan aplikasi ini.
Semenjak kemunculannya
pertama kali di Indonesia, aplikasi sosial media ini langsung menarik hati
banyak orang. Aplikasi yang pada awalnya hanya tersedia di platform blackberry
ini langsung membuat banyak orang berpindah menggunakan mobile phone
blackberry. Biarpun dibilang langkah besarnya dalam membuka aplikasinya untuk
pengguna ios, android dan windows phone dianggap sebagai kerugian besar, namun
sebanyak 8 juta orang masih menggunakan aplikasi BBM ini.
8. Youtube
Social media berupa video
sharing ini sangat populer di Indonesia, berkat YouTube lah banyak orang
Indonesia yang bisa terkenal secara mendadak. Sebut saja Sinta-Jojo, Briptu
Norman dan Udin Sedunia menjadi terkenal berkat sosial media ini. Sebagai
sosial media populer di Indonesia dengan pengguna sebanyak 66% dari jumlah
penduduk di Indonesia, youtube tidak hanya digunakan untuk mengshare video
saja, namun youtube juga terkadang menyediakan live streaming dari suatu acara penghargaan.
9. Tumblr
Tumblr merupakan sosial
media yang memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk meshare artikel, gambar,
hingga video apapun yang Anda inginkan layaknya sebuah blog. Dengan
menghubungkan tumblr dengan sosial media besar lain seperti facebook dan
twitter, maka apa yang kalian posting di tumblr bisa juga muncul di facebook
dan twitter secara otomatis. Tumblr juga memberikan kebebasan bagi penggunanya
untuk memodifikasi tampilan tumblr mereka sesuai yang mereka inginkan.
10. Kaskus
Tidak ada orang yang
tidak mengenal kaskus. Situs sosial media dengan 6,5 juta pengguna ini
benar-benar sosial media asli berasal dari Indonesia. Kaskus merupakan situs
jejaring sosial berbasis forum yang paling populer di Indonesia. Namun kaskus
tidak hanya digunakan untuk bersosialisasi saja, bagi orang-orang yang
melakukan transaksi jual beli juga bisa menggunakan kaskus. Kaskus menyediakan
fitur fjb (forum jual beli) yang bisa dimanfaatkan oleh orang untuk melakukan
jual beli barang.
Karakteristik Media Sosial
Beberapa karakteristik yang dimiliki
oleh media sosial antara lain adalah (Purnama, 2011: 216) :
1. Jangkuan
Daya jangkauan media
sosial mencakup skala kecil hingga khalayak global.Media sosial tidak memiliki
batasan atas siapa saja orang yang dapat berinteraksi dengan individu, media
sosial lebih kepada mengklasifikasikan orang-orang yang terdekat dengan
individu. Media sosial digunakan oleh sebagian besar masyarakat didunia oleh
sebab itu maka media sosial memiliki cakupan yang besar dan luas terhadap
seluruh pengguna didunia.
2. Aksesibilitas
Media sosial lebih mudah
diakses dengan biaya yang terjangkau.Karakteristik yang kedua adalah hal
yang paling mencolok dari media sosial sebagai sebuah alat komunikasi massa
dibandingkan dengan media massa yang lain. Kemudahan dari segi pengaksesan dan
juga pemasangan di setiap smartphone adalah sebuah keunggulan dari media sosial
yang mencolok.
3. Penggunaan
Media sosial relatif
mudah digunakan karena tidak memerlukan ketrampilan dan pelatihan khusus. Penggunaan
media sosial sebagai sebuah alat interaksi sangat simpel dan juga tidak perlu
memakan waktu yang lama. Media sosial dapat dipelajari penggunannya dengan
waktu yang sangat singkat karenanya media sosial dapat digunakan oleh siapa
saja.
4. Aktualitas
Media sosial dapat
memancing respon khalayak lebih cepat. Akses media sosial yang mudah dan cepat
membuat segala aktifitas yang dilakukan menjadi sangat mudah mendapatkan
respon, hal ini dikarenakan adanya sebuah keterikatan dan link yang menghubungkan
pengguna media sosial yang satu dengan yang lainnya.
5. Tetap mudah dalam melakukan proses pengeditan
dalam media sosial
Media sosial sangat
memberikan kemudahaan bagi setiap pengguna yang akan melakukan hal apa saja
yang dibagikan. Berbeda dengan media massa Koran yang apabila sudah tercetak
ataupun terbit kekhalayak disadari terdapat kesalahan, maka akan sangat sulit
untuk melakukan sunting atau pengeditan terhadap kesalahan yang ada. Media
sosial yang bersifat sangat privasi sehingga apapun kesalahan yang telah
diposting dapat diperbaharui kembali dengan mudah.
Nah, pada era sekarang
ini yang disebut era digital, sekarang media sosial adalah salah satu
kebutuahan bagi setiap orang. Saat ini, kita sangat diuntungkan dengan adanya
media sosial. Kita dapat dengan cepat mendapatkan apa yang kita cari, dari
informasi, menambahkan teman, mencari pekerjaan dan mencari barang.Tetapi
dengan adanya keuntungan yang telah kita dapat dari media sosial, ada juga loh
kerugian yang kita dapatkan juga dari media sosial. Contoh dari kerugianya
anatara lain adalah :
1.
Penculikan dan penipuan
2.
Pencurian foto dan data pribadi
3.
Waktu terbuang percuma
4.
Sarana adu domba yang efektif
Nah, itu tadi kerugian
yang kita dapat dari media sosial. Munculnya kerugian tersebut, membuat orang
yang setiap hari menggunakan media sosial harus lebih kritis dalam memilih
konten dan dapat menyaring informasi yang ditelah diterima. Contohnya saja,
selebgram Awkarin yang banyak digandrungi oleh para anak-anak sampai remaja
yang memiliki akun media sosial di Instagram, membuat dampak yang tidak baik
untuk anak-anak yang belum cukup umur melihat isi postingan Awkarin yang
layaknya orang dewasa. Karena beberapa postingan Instagram yang dilakukan
Awkarin seperti merokok, memakai pakaian yang minim dan ada caption yang kasar.
Karena ini media sosial yang dapat dikunjungi oleh berbagai khalayak pengguna
media sosial, dari anak-anak sama remaja dapat melihat apapun ini postigan yang
telah diupload atau dibagikan. Konten-konten
seperti ini dapat memberikan dampak buruk bagi anak yang umurnya kurang
mencukupi untuk melihat konten seperti ini.
Ada ga sih solusi dari masalah ini?
Ada dong, solusi dari
masalah ini antara lain, orang tua harus tetap berkembang di era digital
sekarang, tidak ketinggalan jaman agar dapat mengawasi anak-anaknya di dalam
media sosial yang kini menjadi momok yang jahat. Orang tua harus dibekali oleh
wawasan untuk melindungi anaknya saat berada diruang lingkup digital. Setiap
orang tua harus memilih konten yang pas untuk usia anaknya agar si anak dapat
memanfaatkan media sosial dengan baik dan dapat mengerti bagaimana sebenarnya
era digital.
Referensi : Presentasi Kelompok http://seethroughkommas.blogspot.co.id/2017/05/
http://www.tahupedia.com/content/show/789/10-Sosial-Media-Paling-Banyak-Digunakan-Di-Indonesia
Referensi : Presentasi Kelompok http://seethroughkommas.blogspot.co.id/2017/05/
http://www.tahupedia.com/content/show/789/10-Sosial-Media-Paling-Banyak-Digunakan-Di-Indonesia
Komentar
Posting Komentar